Jumat, 20 April 2012

Panning, Blurring, dan Freezing

Tantangan yang menarik bagi mahasiswa peserta mata kuliah Fotografi, ketika mereka harus memotret dengan menggunakan teknik foto Panning, Blurring dan Freezing. Ketiga teknik ini pada dasarnya merupakan sarana untuk mengolah kemampuan fotografer dalam operasionalisasi kamera, menentukan exposure, komposisi, serta mengasah kepekaan terhadap subjek foto.

Teknik foto tersebut diatas dapat dijelaskan dengan berbagai macam metode, namun yang dituntut disini adalah pengertian mendalam fotografer mengenai apa yang harus mereka lakukan saat memotret. Dalam penugasan Ujian tengah Semester (UTS), Mahasiswa diwajibkan untuk bekerja dalam kelompok, menentukan tema mereka sendiri, dan mempraktekkan foto sesuai ketiga teknik yang sudah ditentukan. Untuk tiap teknik foto, mahasiswa diminta mengumpulkan dua foto terbaik mereka yang akan dibingkai dalam 'kumpulan karya kelompok' pada 26 April 2012.   

Freezing

Konsep foto freezing pada dasarnya adalah usaha fotografer untuk 'mem-pause' sebuah adegan yang terjadi. Dalam posisi 'pause', objek foto akan bisa dinikmati dengan seksama oleh mata audiens. Inilah saat-saat istimewa yang tidak pernah bisa dilakukan oleh mata: menghentikan sebuah gerakan. Dalam kondisi pergerakan yang cepat, fotografer harus cekatan melihat momentum dan bersegera mengatur kecepatan rananya. Prioritas memang ada pada Shutter Speed (SS), sedangkan aperture dan ISO akan menyesuaikan. Anda tidak akan mendapatkan gambar yang 'freezed' tanpa kecepatan tinggi dan jepretan berkali-kali. Freezing bisa didapatkan dengan mengatur shutter speed (1/100 - keatas). Bisa juga menggunakan alat bantu lampu tambahan, seperti flash atau external lighting (terutama dalam konsep still photography)

"Yellow" (Wahyudi, 2010)


'Bigfoot freeze' (Wahyudi, 2011) membutuhkan pemotretan berkali-kali untuk dapatkan efek freezing

Konsep freeze dalam still life photo
sumber: http://oneslidephotography.com/beginners-guide-to-photography-still-life-photography-tips/still-life-photography-tips-freeze-photography/ 


Blurring

Blurring menitikberatkan pada kemampuan kita mengolah aperture dan shutter speed. Racikan yang pas akan menghasilkan menghasilkan efek motion blur yang dahsyat. Blurring bisa dilakukan dengan slow speed dan aturan aperture sempit. Teknik ini bisa digunakan untuk pemotretan siang maupun malam hari. kenapa butuh kecepatan lambat? karena kita ingin menghasilkan efek gerakan (terutama dalam background atau foreground) dalam foto yang akan kita hasilkan.

'soft water' (Wahyudi, 2009) motion blur pada siang hari,slow shutter dengan diafragma sempit.


"somebody's good bye" (Wahyudi, 2009) 

Panning

Panning adalah kombinasi SS dan gerakan kamera. Tangan anda harus cekatan mengikuti gerak objek foto. Seperti dalam freezing, kita perlu memotret secara simultan (continuous shooting) untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kamera harus bergerak menyesuaikan gerakan objek foto. Panning dipakai untuk memberikan kesan gerakan (misalnya maju atau mundur) dari objek tersebut. Diafragma lebar dibutuhkan untuk memberi ruang bagi SS.


"Goodbye Nikon D100" (J. Catlett)
sumber: http://www.flickr.com/photos/44169863@N00/211690047/
Teknik-teknik foto diatas adalah sarana bagi mahasiswa menerapkan ilmu fotografi dasar. Perlu diingat bahwa kreativiotas dalam membingkai teknik fotografi sangat dibutuhkan, sehingga karya foto tidak hanya m,enjadi sebuah 'keharusan' (sebagai unit mata kuliah) tapi juga passion mahasiswa sebagai calon fotografer yang sukses.

3 komentar:

  1. keren..! sukran akhi atas informasinya

    BalasHapus
  2. kalo buat teknik panning itu settingan kamera'a shuter spedd, sama diafragma'a berapa mas??? di bawah 1/30 atau di atas'a????

    BalasHapus
  3. El Yucateco Mexican Restaurant - Mapyro
    El Yucateco is a mexican restaurant located 춘천 출장안마 in Yucatan, one of the largest cities in the world. The restaurant is 나주 출장샵 part of a family 고양 출장마사지 owned and operated Hours: ClosedHours: Open 24 hours; Check in at 10:00 a.m. for catering hours; Dine outHours: Mon-Sun 11am-2pm. Closed; Phone 하남 출장샵 Number is Not Viewed; Accepts  Rating: 4 · ‎1 부천 출장안마 vote · ‎Price range: $$

    BalasHapus